Analisis Game Feeding Frenzy


Pada kesempatan kali ini, saya akan meng-analisis salah satu game bergenre arcade, yaitu game Feeding Frenzy. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai genre game arcade. Game Arcade bisa dibilang adalah nenek moyang game, bagaimana tidak, game arcade pertama muncul pada tahun 1971 yaitu game Computer Space yang dibuat oleh Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney. Dan juga game bergenre arcade biasanya memerlukan konsol/mesin khusus, seperti yang sering kita jumpai di pusat perbelanjaan, namun seiring perkembangan teknologi, banyak game bergenre arcade yang dapat dijalankan di PC atau pun Smart Phone.

Baiklah, langsung saja kita kembali ke topik, yaitu meng-analisis game Feeding Frenzy :
Feeding Frenzy adalah sebuah game air arcade-style ditulis oleh Sprout Games dan diterbitkan oleh PopCap Games dengan debut awal tahun 2004. Game ini menghadirkan sebuah simulasi yang seolah-olah menjadikan pemain game (player) untuk masuk kedalam dunia bawah laut dan menjelma menjadi seekor ikan. Feeding Frenzy mencakup 60 tingkatan yang menampilkan pemandangan 37 seperti dunia bawah laut baru, terumbu karang, gua laut dalam, dan kapal tenggelam, serta tantangan di atas air.
   A.    Gameplay
     Pemain harus mengendalikan beberapa cepat tumbuh predator laut yang keluar untuk mengungkap misteri yang mengintai di lautan. Misi dari permainan ini adalah untuk menghindari predator dan kendala sewaktu makan ikan kecil dan makhluk lain, akhirnya mencapai puncak rantai makanan.

   B.     Karakter 
      Karakter yang ada pada game Game Feeding Frenzy antara lain:
Boris                :
Ikan kupu-kupu adalah karakter pertama dimainkan dalam permainan. Dia tinggal di perairan hangat dari Shoal Sandy, sebuah daerah yang indah dari Pantai Frenzy.

Layla               :
Triggerfish adalah karakter dimainkan kedua dalam permainan. Dia tinggal di air hangat surga Reef.

Edie                 :
Anglerfish adalah karakter yang dapat dimainkan ketiga. tingkat Edie sulit karena tingkat-nya adalah “Midnight Zona”. Perhatikan bahwa gender ikan telah diubah menjadi perempuan karena fakta bahwa hanya memancarkan cahaya pemancing ikan betina, ini adalah kesalahan dalam permainan asli.

Peter                :
Ikan kuwe adalah karakter yang dapat dimainkan keempat dalam permainan. Dia tinggal di Buccaneer Bay, di mana pemain pertama akan menemukan sotong yang menembak tinta.

Harry               :
Harry ikan humphead adalah karakter yang dapat dimainkan kelima dalam permainan, para Balon yang kembali setelah beberapa saat dan Anda dapat kembali melompat untuk bonus keluar dari air.

Goliath                        :
Goliat, hiu putih besar adalah karakter yang dapat dimainkan keenam dalam permainan. Dia sangat tinggi dalam rantai makanan, dan adalah yang pertama untuk memerangi “The Intruder”. 

The Intruder    :
The Intruder merupakan ikan asing mengganggu rantai makanan. Pemain diperlukan untuk melawan setiap 3 level setelah Goliat kekalahan untuk pertama kalinya. Pemain kemudian bergerak rendah ke bawah rantai makanan, bermain sebagai karakter sebelumnya sampai The Intruder dikalahkan untuk terakhir kalinya, setelah Boris memakannya. Ini melengkapi permainan. The Intruder kemudian membuka sebagai karakter yang dapat dimainkan, dan pemain kemudian dapat bermain melalui seluruh permainan lagi sebagai The Intruder.

   C.    Game Controller
Dalam game Feeding Frenzy di PC untuk menggerakan karakter menggunakan Mouse

   D.    Penentuan Score
Penentuan Score dalam game Feeding Frenzy adalah bila player dapat memakan ikan sebanyak-banyaknya, dan ukuran player lama kelamaan akan semakin membesar, dan dapat memakan ikan yang sama besarnya.

   E.     Console
Tidak hanya di PC, game Feeding Frenzy juga dapat dimainkan di beberapa Konsol, seperti :
-          Microsoft Windows
-          PlayStation
-          Xbox 360
-          Android

   F.     Algoritma
Pada game Feeding Frenzy terdapat dua algoritma, yaitu algoritma Brute Force dan algoritma AI

   G.    Kelebihan Feeding Frenzy
·  Player bisa mengetahui lebih banyak tentang variasi ikan yang ada mulai dari berukuran besar hingga sangat kecil.
·   Palyer bisa melatih ketangkasan dalam mengejar, memakan dan menghindari ikan-ikan lainnya.
·  Pada level tertentu, player dibatasi  tempat yang banyak penjerat-penjerat di sekitarnya sehingga pemain dituntut untuk berfikir cerdas dalam memnetukan taktiknya.
·  Player bisa melatih kemampuan berdisiplina untuk menyelesaikan permainnya dengan waktu yang telah di tentukan.
·   Player bisa membiasakan diri untuk taat aturan saat bermain yakni memakan ikan sesuai dengan jenis yang telah di tentukan.
·   Pada level yang ada di perbatasan laut dan udara player diharuskan untuk mengatur ritme gerakan jumping (kelincahan dalam bergerak dengan gaya yang harus indah) saat memakan serangga ataupun bola yang tergantung dibalon agar mendapatkan poin yang tinggi.

   H.    Kekurangan Feeding Frenzy
·  Pada level tertentu player tidak bisa memahami secara langsung apa yang harus dikerjakan karena kurangnya informasi pada level tersebut.
·  Ikan (sebagai player) yang dimainkan tidak mempunyai kekuatan yang muncul dari ikan itu sendiri melainkan bergantung pada bola-bola yang berisi kekuatan jadi tidak setiap saat kita bisa mempunyai kekuataan tambahan.

Sumber :
http://gamedalamcoretan.blogspot.co.id/2014/07/review-feeding-frenzy.html
http://historiegame.blogspot.co.id/2011/12/mesin-arcade-awal-sejarah-konsol.html


Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Coretan Mahasiswa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger