Pada kesempatan kali
ini, saya akan meng-analisis salah satu game bergenre arcade, yaitu game
Feeding Frenzy. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai genre
game arcade. Game Arcade bisa dibilang adalah nenek moyang game, bagaimana
tidak, game arcade pertama muncul pada tahun 1971 yaitu game Computer Space
yang dibuat oleh Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney. Dan juga game
bergenre arcade biasanya memerlukan konsol/mesin khusus, seperti yang sering
kita jumpai di pusat perbelanjaan, namun seiring perkembangan teknologi, banyak
game bergenre arcade yang dapat dijalankan di PC atau pun Smart Phone.
Baiklah, langsung saja kita kembali ke
topik, yaitu meng-analisis game Feeding Frenzy :
Feeding Frenzy adalah sebuah game air arcade-style
ditulis oleh Sprout Games dan diterbitkan oleh PopCap Games
dengan debut awal tahun 2004. Game ini menghadirkan sebuah
simulasi yang seolah-olah menjadikan pemain game (player) untuk
masuk kedalam dunia bawah laut dan menjelma menjadi seekor ikan. Feeding
Frenzy mencakup 60 tingkatan yang menampilkan pemandangan 37 seperti dunia
bawah laut baru, terumbu karang, gua laut dalam, dan kapal tenggelam, serta
tantangan di atas air.
A. Gameplay
Pemain harus mengendalikan beberapa cepat tumbuh predator laut yang keluar untuk mengungkap misteri yang mengintai di lautan. Misi dari permainan ini adalah untuk menghindari predator dan kendala sewaktu makan ikan kecil dan makhluk lain, akhirnya mencapai puncak rantai makanan.
Pemain harus mengendalikan beberapa cepat tumbuh predator laut yang keluar untuk mengungkap misteri yang mengintai di lautan. Misi dari permainan ini adalah untuk menghindari predator dan kendala sewaktu makan ikan kecil dan makhluk lain, akhirnya mencapai puncak rantai makanan.
B. Karakter
Karakter yang ada pada game Game Feeding Frenzy antara lain:
Karakter yang ada pada game Game Feeding Frenzy antara lain:
Boris :
Ikan kupu-kupu adalah karakter pertama dimainkan dalam permainan. Dia tinggal di perairan hangat dari Shoal Sandy, sebuah daerah yang indah dari Pantai Frenzy.
Ikan kupu-kupu adalah karakter pertama dimainkan dalam permainan. Dia tinggal di perairan hangat dari Shoal Sandy, sebuah daerah yang indah dari Pantai Frenzy.
Layla :
Triggerfish adalah karakter dimainkan kedua dalam permainan. Dia tinggal di air hangat surga Reef.
Triggerfish adalah karakter dimainkan kedua dalam permainan. Dia tinggal di air hangat surga Reef.
Edie :
Anglerfish adalah karakter yang dapat dimainkan ketiga. tingkat Edie sulit karena tingkat-nya adalah “Midnight Zona”. Perhatikan bahwa gender ikan telah diubah menjadi perempuan karena fakta bahwa hanya memancarkan cahaya pemancing ikan betina, ini adalah kesalahan dalam permainan asli.
Anglerfish adalah karakter yang dapat dimainkan ketiga. tingkat Edie sulit karena tingkat-nya adalah “Midnight Zona”. Perhatikan bahwa gender ikan telah diubah menjadi perempuan karena fakta bahwa hanya memancarkan cahaya pemancing ikan betina, ini adalah kesalahan dalam permainan asli.
Peter :
Ikan kuwe adalah karakter yang dapat dimainkan keempat dalam permainan. Dia tinggal di Buccaneer Bay, di mana pemain pertama akan menemukan sotong yang menembak tinta.
Ikan kuwe adalah karakter yang dapat dimainkan keempat dalam permainan. Dia tinggal di Buccaneer Bay, di mana pemain pertama akan menemukan sotong yang menembak tinta.
Harry :
Harry ikan humphead adalah karakter yang dapat dimainkan kelima dalam permainan, para Balon yang kembali setelah beberapa saat dan Anda dapat kembali melompat untuk bonus keluar dari air.
Harry ikan humphead adalah karakter yang dapat dimainkan kelima dalam permainan, para Balon yang kembali setelah beberapa saat dan Anda dapat kembali melompat untuk bonus keluar dari air.
Goliath :
Goliat, hiu putih besar adalah karakter yang dapat dimainkan keenam dalam permainan. Dia sangat tinggi dalam rantai makanan, dan adalah yang pertama untuk memerangi “The Intruder”.
The Intruder :
The Intruder merupakan ikan asing mengganggu rantai makanan. Pemain diperlukan untuk melawan setiap 3 level setelah Goliat kekalahan untuk pertama kalinya. Pemain kemudian bergerak rendah ke bawah rantai makanan, bermain sebagai karakter sebelumnya sampai The Intruder dikalahkan untuk terakhir kalinya, setelah Boris memakannya. Ini melengkapi permainan. The Intruder kemudian membuka sebagai karakter yang dapat dimainkan, dan pemain kemudian dapat bermain melalui seluruh permainan lagi sebagai The Intruder.
Goliat, hiu putih besar adalah karakter yang dapat dimainkan keenam dalam permainan. Dia sangat tinggi dalam rantai makanan, dan adalah yang pertama untuk memerangi “The Intruder”.
The Intruder :
The Intruder merupakan ikan asing mengganggu rantai makanan. Pemain diperlukan untuk melawan setiap 3 level setelah Goliat kekalahan untuk pertama kalinya. Pemain kemudian bergerak rendah ke bawah rantai makanan, bermain sebagai karakter sebelumnya sampai The Intruder dikalahkan untuk terakhir kalinya, setelah Boris memakannya. Ini melengkapi permainan. The Intruder kemudian membuka sebagai karakter yang dapat dimainkan, dan pemain kemudian dapat bermain melalui seluruh permainan lagi sebagai The Intruder.
C. Game
Controller
Dalam game Feeding Frenzy di PC untuk menggerakan
karakter menggunakan Mouse
D. Penentuan
Score
Penentuan Score dalam game Feeding Frenzy adalah
bila player dapat memakan ikan sebanyak-banyaknya, dan ukuran player lama
kelamaan akan semakin membesar, dan dapat memakan ikan yang sama besarnya.
E. Console
Tidak hanya di PC, game Feeding Frenzy juga dapat dimainkan di
beberapa Konsol, seperti :
-
Microsoft Windows
-
PlayStation
-
Xbox 360
-
Android
F. Algoritma
Pada
game Feeding Frenzy terdapat dua algoritma, yaitu algoritma Brute Force dan
algoritma AI
G. Kelebihan Feeding Frenzy
· Player bisa mengetahui
lebih banyak tentang variasi ikan yang ada mulai dari berukuran besar hingga sangat kecil.
· Palyer bisa melatih
ketangkasan dalam mengejar, memakan dan menghindari ikan-ikan lainnya.
· Pada level tertentu,
player dibatasi tempat yang banyak
penjerat-penjerat di sekitarnya sehingga pemain dituntut untuk berfikir cerdas
dalam memnetukan taktiknya.
· Player bisa melatih
kemampuan berdisiplina untuk menyelesaikan permainnya dengan waktu yang telah di
tentukan.
· Player bisa membiasakan
diri untuk taat aturan saat bermain yakni memakan ikan sesuai dengan jenis yang
telah di tentukan.
·
Pada level yang ada di
perbatasan laut dan udara player diharuskan untuk mengatur ritme gerakan
jumping (kelincahan dalam bergerak dengan gaya yang harus indah) saat memakan
serangga ataupun bola yang tergantung dibalon agar mendapatkan poin yang
tinggi.
H. Kekurangan Feeding Frenzy
· Pada level tertentu
player tidak bisa memahami secara langsung apa yang harus dikerjakan karena
kurangnya informasi pada level tersebut.
· Ikan (sebagai player) yang dimainkan tidak mempunyai kekuatan yang muncul
dari ikan itu sendiri melainkan bergantung pada bola-bola yang berisi kekuatan
jadi tidak setiap saat kita bisa mempunyai kekuataan tambahan.
Sumber :
http://gamedalamcoretan.blogspot.co.id/2014/07/review-feeding-frenzy.html
http://historiegame.blogspot.co.id/2011/12/mesin-arcade-awal-sejarah-konsol.html
Posting Komentar