Tugas 3 & 4 Softskill









Ball Breakout


Muhammad Ulil Amri (57414576)
Yunanda Giffa M (5c41568)





TEKNIK INFORMATIKA, TEKNOLOGI INDUSTRI


UNIVERSITAS GUNADARMA







PENDAHULUAN


Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, pengembangan game mulai dilirik oleh para developer karena memiliki prospek yang bagus. Cukup banyak peluang yang bisa ditawarkan oleh industri game, salah satunya adalah perancangan game.


Game merupakan salah satu sarana hiburan yang banyak digemari dan biasanya dimainkan untuk mengisi waktu luang. Salah satu game klasik yang cukup terkenal yaitu game Breakout. Game Breakout merupakan game sederhana yang dikembangkan dari permainan Pong. Karakter utama dalam game ini adalah Paddle (papan) yang digunakan untuk memantulkan Ball. Saat ini penggemar game Breakout masih cukup banyak meski bermunculan game-game baru yang lebih menarik untuk dimainkan.






PEMBAHASAN






Game Breakout


Breakout merupakan permainan arcade dikembangkan oleh atari Inc dan diperkenalkan pada tanggal 13 Mei 1976. hal itu dikonseptualisasikan oleh nolan bushnell dan steve bristow, dan dipengaruhi oleh pong permainan arcade 1972. Permainan porting ke konsol permainan video dan ditingkatkan dengan video game seperti super pelarian. Selain itu, pelarian adalah dasar dan inspirasi untuk buku, permainan video dan komputer apple ini. dalam permainan, lapisan batu bata baris sepertiga bagian atas layar. bola perjalanan di layar, memantul dari dinding atas dan sisi layar. ketika memukul batu bata, bola memantul jauhnya dan batu bata hancur. pemain kehilangan giliran ketika bola menyentuh bagian bawah layar. untuk mencegah hal ini terjadi, para pemain memiliki dayung bergerak untuk bangkit bola ke atas dan kembali ke dalam bermain.










Goals


Permainan dinyatakan berakhir jjika bola melewati papan atau objek buah sudah habis.






Aturan Permainan Game Breakout


Pemain harus menghabiskan objek buah yg tersedia dan menjaga bola agar tidak menyuntuh dasar permainan dengan cara menggerakkan papan kekanan atau kekiri susai arah jatuh nya bola sehingga bola akan memantul kembali ke atas. Jika bola mengenai objek buah maka skor akan bertambah .






Tahap Pembuatan Game


Langkah pertama, penulis menentukan game engine yang ingin digunakan untuk membuat game arcade. Dalam langkah ini, penulis menggunakan Greenfoot.









Setelah itu, tambahkan Word Classes dan Actor Classes pada Greenfoot seperti gambar berikut :









Kemudian masukan source code pada Sub-class Actor seperti berikut :


Source Code Bola :


import greenfoot.*;






public class bola extends Actor


{


int x=3;


int y=3;


public void act()


{


// Add your action code here.


gerak();


kanan();


kiri();


atas();


papankayu();





}


public void gerak()


{


setLocation(getX()+x,getY()+y);


}


public void kanan()


{


if(getX()>=getWorld().getWidth()-getImage().getWidth()/2){


x=x-1;


}


}


public void kiri()


{


if(getX()<=getImage().getWidth()/2){


x=x+1;


}


}


public void atas()


{


Actor buah=getOneIntersectingObject(bata.class);


if(getY()<=getImage().getHeight()/2){


y=y+1;


}


if(buah !=null){


((bg)getWorld()).tambah();


getWorld().removeObject(buah);





}


}


public void papankayu()


{


Actor kayu=getOneIntersectingObject(papan.class);


if(kayu !=null){


y=y-1;


}


if(getY()>=getWorld().getHeight()-getImage().getHeight()/2){


Greenfoot.stop();


}


}


}






Source Code Buah :


import greenfoot.*;


public class buah extends Actor


{


public buah()


{


GreenfootImage img=getImage();


img.scale(img.getWidth(),img.getHeight()-30);


setImage(img);


}


}






Source Code Papan :


import greenfoot.*;


public class papan extends Actor


{


public void act()


{


// Add your action code here.


if(Greenfoot.isKeyDown("left")){


move(-3);


}


if(Greenfoot.isKeyDown("right")){


move(3);


}


}


}










Source Code Counter :


import greenfoot.*;


public class Counter extends Actor


{


private int value = 0;


private int target = 0;


private String text;


private int stringLength;






public Counter()


{


this("");


}






public Counter(String prefix)


{


text = prefix;


stringLength = (text.length() + 2) * 16;






setImage(new GreenfootImage(stringLength, 24));


GreenfootImage image = getImage();


Font font = image.getFont();


image.setFont(font.deriveFont(24.0F)); // use larger font





updateImage();


}





public void act() {


if(value < target) {


value++;


updateImage();


}


else if(value > target) {


value--;


updateImage();


}


}






public void add(int score)


{


target += score;


}






public void subtract(int score)


{


target -= score;


}






public int getValue()


{


return value;


}






private void updateImage()


{


GreenfootImage image = getImage();


image.clear();


image.drawString(text + value, 1, 18);


}


}






















Untuk gamenya dapat di unduh disini










PENUTUP


Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya mengenai pembuatan game “Endless Breakout”, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa :


1. Dalam proses pembuatan game “Endless Breakout” diperlukan beberapa langkah yang meliputi menentukan genre, menentukan tool, merancang gameplay, merancang grafis, menentukan suara, pembuatan, dan publising.


2. Pembuatan game menggunakan software Greenfoot memudahkan penulis dalam hal mendesain dan merancang alur proses dari game yang dibuat.


Game yang saya buat ini masih jauh dari kata sempurna, permainan ini dibuat untuk melengkapi tugas akhir dari mata kuliah pengantar teknologi game


















DAFTAR PUSTAKA


http://www.gatewan.com/2015/05/tentang-greenfoot.html


http://flashgamesspot.com/id/play/breakout-breakout-is-an-arcade-game-developed-by/flash-game/


Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Coretan Mahasiswa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger